Intel Compute Stick


Intel Compute Stick memang merupakan terobosan baru di mana kita bisa menggunakan alat ini sebagai CPU mini yang bisa ditancapkan ke port HDMI TV atau monitor kita. Perangkat mini ini telah diluncurkan dengan harga 150 USD dengan sistem operasi Windows. Dan kabar terbarunya, sekarang Intel Compute Stick hadir dengan pilihan sistem operasi Linux dengan harga yang lebih murah lagi.
Spesifikasi yang ditawarkan oleh mini PC Compute Stick ini bisa dikatakan sangat standar. Hal ini terlihat dari spesifikasi Compute Stick yang mengandalkan sokongan tenaga dari prosesor Intel Atom Z3735F quad-core yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB DDR3L dan didukung oleh pengolah grafis dari Intel HD Graphics. Kinerja yang dihasilkan oleh Intel Compute Stick ini menurut Tuxlin sudah mencukupi untuk kebutuhan komputasi sehari-hari, seperti menjalankan aplikasi Office, memainkan game kasual, browsing, chatting, dan komputasi dasar lainnya. Komputer mini ini tersedia dalam dua varian, yakni dengan sistem operasi Windows atau Ubuntu Linux.
Model Linux menggunakan distro Ubuntu 14.04.2 LTS 64-bit namun sayangnya RAMnya hanya 1GB , yang lebih kecil dibanding versi windows yang menggunakan RAM 2GB, lalu tak ketinggalan ada juga 8GB internal storage untuk menyimpan data.
Namun memang harga yang ditawarkan untuk versi Linux ini hanya 100 USD, 50 USD lebih murah dari versi Windows, jadi maklum bila spesifikasi RAMnya juga sedikit lebih rendah.
Harga Intel Compute Stick
Harga komputer mini PC Intel Compute Stick ini di Indonesia masih belum dibeberkan dengan jelas. Petinggi Intel telah mengatakan bahwa Intel Compute Stick akan dijual pada akhir Juni 2015 mendatang dengan harga di bawah Rp 2 juta, cukup menarik menurut Tuxlin Blog. Di luar negeri, Compute Stick versi Windows dijual dengan harga $150 atau sekitar Rp 1,9 juta dan versi Ubuntu Linux dengan harga $100 atau sekitar Rp 1,3 juta.
Spesifikasi Intel Compute Stick Windows
Prosesor Intel Atom Z3735F quad-core berkecepatan 1,33GHz dengan turbo hingga 1,83GHz
Memori RAM 2GB DDR3L single-channel (soldered)
Grafis Intel HD Graphics
Penyimpanan eMMC 32GB, dilengkapi slot microSD
Konektivitas WiFi, port USB 2.0, Bluetooth, slot microSD, HDMI
Daya 5V/2A
Dimensi 103 x 37 x 12 mm
Spesifikasi Intel Compute Stick Ubuntu
Prosesor Intel Atom Z3735F quad-core berkecepatan 1,33GHz dengan turbo hingga 1,83GHz
Memori RAM 1GB DDR3L single-channel (soldered)
Grafis Intel HD Graphics
Penyimpanan eMMC 8GB, dilengkapi slot microSD
Konektivitas WiFi, port USB 2.0, Bluetooth, slot microSD, HDMI
Daya 5V/2A
Dimensi 103 x 37 x 12 mm
Kelebihan Intel Compute Stick :
Intel compute stick ini mudah dibawa kemana-mana karena bentuknya yang kecil
Di dalam Intel compute stick ini ada kipasnya yang akan otomatis bekerja jika Intel compute stick ini mulai panas
Kekurangan Intel Compute Stick :
terbatasnya jumlah port USB sehingga membatasi jumlah perangkat USB yang dapat dipasang.
tidak dapat mengisi baterai lewat port HDMI, layaknya sebuah smartphone pengguna juga harus memasang charger dengan kabel MicroUSB dan jika sudah terisi dengan penuh maka pengguna juga harus melepas kembali charger yang terpasang di Computer Stick.
Gambaran pemakaiannya :








Diagram-PC-stick-R0


EmoticonEmoticon