Tips Merakit Komputer PC Terbaru Tahun 2016

tips merakit komputer pc terbaru tahun 2016
Bagi kalian yang berencana membeli atau mengupgrade komputer PC berikut saya sajikan beberapa tips merakit komputer PC terbaru. Tahun 2016 adalah tahun yang tepat untuk sobat beli/upgrade perangkat PC sobat karena kemungkinan besar, perusahaan-perusahaan teknologi tidak akan atau belum akan merilis teknologi baru dalam waktu dekat ini. Pada pertengahan tahun 2015 perusahaan besar telah merilis produk unggulan terbarunya. Untuk software misalnya, Microsoft telah merilis Windows 10 dan DirectX 12. Untuk VGA, Nvidia dengan GTX 980 Ti dan AMD dengan seri GPU Rx 300 miliknya. Untuk processor, Intel dengan Skylake dan chipset Z170.
Seperti judul artikel ini, ada 2 hal yang menjadi pokok permasalahan, apakah membeli komputer PC yang sudah jadi (pabrikan / buatan vendor / branded) atau merakit komputer PC sendiri? Kalau tidak mau repot, ya beli aja PC yang sudah ready, kita tinggal konek kabel dan siap digunakan. Tetapi ada kekurangan pada PC buatan vendor khususnya untuk sobat yang ingin lebih fleksibel, yaitu komponen dalam PC tersebut sering tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Dan kebanyakan bandrol harga yang ditawarkan juga tidak sesuai dengan performa yang diberikan. Tapi ini wajar, karena komputer PC siap pakai dilengkapi dengan kontrol kualitas dan jaminan garansi dari vendor, sehingga harga yang ditawarkan juga bertambah.

Processor Intel jenis Haswell

Tips Merakit Komputer PC Terbaru untuk Pemula

Merakit Komputer PC punya banyak keuntungan. Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah opsi upgrade untuk 2 tahun ke depan. Merakit Komputer PC membutuhkan kemampuan khusus karena sobat harus memilih komponen yang tepat dan disaat yang sama menjaga kompabilitas keseluruhan sistem.
1. Sebuah Komputer PC setidaknya harus terdiri dari Motherboard/Mainboard, Processor, RAM, VGA/GPU, dan Harddisk. Komponen paling awal adalah komponen vital. Jadi, pastikan untuk memilih dengan tepat sambil memperhitungkan kompabilitas-nya terhadap komponen yang lain. Seperti hubungan motherboard dan processor. Socket motherboard harus pas dengan socket processor. Untuk tahun 2016 pilihlah motherboard yang mendukung socket untuk teknologi processor terbaru.

Untuk Intel adalah Haswell atau Skylake. Processor seri Core i3 ke atas adalah pilihan terbaik. Tapi harus diingat Haswell menggunakan socket 1150 sedangkan Skylake menggunakan socket 1151.
Untuk AMD, harus memperhatikan teknologi yang sudah ada seperti APU dimana pada teknologi ini Processor dan GPU seolah telah menyatu, jadi motherboard-nya sudah dilengkapi dengan kemampuan olah grafik kelas menengah. Begitu juga pada Intel.
Tetapi untuk processor kelas atas seperti Intel Core i7 Extreme dan seri AMD FX, harus menyertakan VGA/GPU tersendiri.
Perhatikan juga untuk memilih chipset yang tersedia untuk motherboard. Ada sekitar 6 varian chipset dari yang terendah chipset H81 sampai yang tertinggi chipset Z97. Semakin tinggi chipset, semakin banyak fitur yang dimiliki oleh motherboard tersebut.
2. Merk atau Brand dari komponen layak dipertimbangkan. Biasanya nama-nama brand yang besar memiliki kualitas yang lebih baik dan disertai dukungan layanan purna jual atau service center yang cukup banyak diberbagai tempat.
3. Berbicara masalah kompabilitas, RAM contohnya, pastikan RAM kompatibel dengan motherboard. Artinya, clock yang dimiliki RAM harus bisa dijalankan oleh motherboard yang kita pilih. RAM yang masih umum dipasaran sekarang adalah DDR3.
Untuk storage atau Harddisk sebutan umumnya, sudah terdapat banyak pilihan teknologi, apalagi ditambah dengan hadirnya teknologi M.2 dan PCIe. Tetapi yang masih umum digunakan adalah SATA, tapi diperhatikan ada SATA3 dan SATA2. Kalau sobat membutuhkan storage yang lebih cepat bisa memilih SSD sebagai pengganti Harddisk, tetapi harga lebih mahal dan juga volume penyimpanan lebih kecil.
Kompabilitas untuk GPU atau VGA ada di socket-nya. Untuk GPU keluaran 2015 umumnya menggunakan PCIe 3.0. Tetapi GPU ini juga masih bisa digunakan untuk PCIe 2.0.
4. Sebisa mungkin memilih komponen terbaru atau paling tidak 1 generasi dibelakangnya. Karena komponen-komponen terbaru masih mendapat dukungan driver terbaru dan mendukung teknologi-teknologi terbaru dan juga lebih efisien dari segi energi. Misalnya untuk GPU, ada GPU lawas yang terlihat memiliki spesifikasi yang tinggi, tetapi sudah tidak kompatibel dengan teknologi terbaru dan lebih boros energi. Jadi jangan hanya tergiur dengan spesifikasi.
5. Power Supply atau PSU adalah unit yang memberi tenaga atau kehidupan untuk semua komponen komputer. Maka, pilihlah yang sesuai kebutuhan. Untuk dipertimbangkan adalah sobat harus menyediakan energi cadangan apabila sobat berniat untuk upgrade atau penambahan komponen dikemudian hari. Jadi pastikan PSU yang ada sudah bisa memenuhi kebutuhan energi seluruh komponen. Sobat harus tahu terlebih dahulu kebutuhan tiap-tiap komponen. Sebagai informasi, Processor dan GPU yang paling rakus energi. Ke-2 komponen ini menyerap hampir 90% daya listrik. Berikutnya berturut-turut tergantung kemampuan adalah Storage, Motherboard dan RAM. Setelah tahu konsumsi daya keseluruhan komponen, maka pilih PSU yang bisa mengcover output setidaknya 2 kali lipat konsumsi total.
Motherboard untuk PC gaming
OK, setelah tahu beberapa hal di atas, waktunya praktek:

Tips Merakit Komputer PC Paket Dasar

Berikut ini adalah untuk keperluan kantoran, internet dan hal dasar lainnya. Dimulai dari kisaran harga adalah 4 jutaan.
  1. Pilih processor, jika pecinta brand Intel maka Haswell lebih murah dibanding Skylake. Jadi bisa Intel Pentium G3240 (Harga Rp. 810.000) dengan spesifikasi clock 3.1 GHz dan socket 1150.
  2. Pilih Motherboard, brand Motherboard ASRock H81M-VG4 (Harga Rp. 780.000), dengan spesifikasi DDR3 clock 1600, 2 slot SATA3 dan 2 slot SATA2 untuk media penyimpanan, 1 PCIe 2.0 x16 untuk GPU, 1 PCIe 2.0 x1 untuk komponen tambahan lain, 2 USB 3.0 dan 8 USB 2.0. Motherboard ini mendukung seri Haswell mulai Pentium sampai Xeon.
  3. Pilih RAM, brand Team Elite Plus DDR3 1600 MHz 4 GB (Harga Rp. 300.000)
  4. Pilih Storage atau Media Penyimpanan, brand Seagate SATA2 320 GB (Harga Rp. 260.000). Dibandingan dengan kecepatan Harddisk (HDD) yang memeiliki transfer rate 100 MB/s, SATA2 memiliki transfer rate 375 MB/s. Sobat harus merogoh kocek lebih dalam apabila ingin menggunakan SSD yang lebih cepat lagi.
  5. Pilih PowerSupply atau PSU, brand FSP Hexa + H2-400W 80 (Harga Rp. 525.000). Ini sudah cukup untuk konsumsi seluruh komponen di atas.
  6. Untuk DVD drive ada Asus DVD RW 24x (Harga Rp. 165.000)
  7. Keyboard dan Mouse bisa menggunakan Logitech Classic MK100 PS/2 + Logitech USB Optical Mouse (Harga Rp. 130.000).
  8. Monitor, brand BenQ G615HDPL LED(Harga Rp. 800.000) 15 inch dan mendukung kontras rasio hingga 1M:1. Resolusi maksimal 1366 x 768 pixel.
  9. Untuk koneksi WIFI bisa tambahkan WiFi dongle USB brand TP-Link TL-WN723N (Harga Rp. 72.000).
  10. Casing dengan pilihan beragam, tapi yang standard dengan harga dibawah Rp. 300.000.
Akhirnya, hal yang perlu diingat adalah, rakitan diatas belum mampu menjalankan game 3D terbaru karena tidak menyertakan GPU untuk tujuan tersebut, tetapi sudah cukup mampu untuk pekerjaan-pekerjaan multimedia dasar.
Apabila untuk gaming, maka yang sobat perlukan hanyalah upgrade processor ke Core i5 kemudian menambahkan VGA / GPU NVidia GTX 750 Ti atau GTX 950 tanpa perlu mengganti komponen lain. Dan kalau belum cukup, bisa menambahkan RAM 4 GB lagi untuk 1 slot yang masih kosong. Sekian dulu tips merakit komputer PC terbaru untuk tahun 2016.

Semoga bermanfaat.
balingbambu.com


EmoticonEmoticon